5 Makanan yang Bikin Langsing

5 Makanan yang Bikin LangsingBagi sebagian besar orang, menurunkan berat badan adalah upaya yang tidak mudah. Bahkan, bisa sampai membuat mereka menjadi depresi dan frustrasi. Menjalani program penurunan berat badan memang bukan sekadar olahraga atau pola diet yang teratur saja, melainkan juga membutuhkan komitmen yang kuat.

Soal asupan makanan, banyak ahli nutrisi merekomendasikan makanan rendah lemak sebagai pilihan utama demi membantu berat badan lebih stabil. Namun, sebenarnya ada pula jenis makanan yang dapat membantu menurunkan bobot, meskipun dianggap “kurang sehat”.

Berikut ini adalah lima makanan tidak terduga atau tidak disangka-sangka memiliki efek positif bagi upaya pelangsingan. Makanan ini direkomendasikan oleh Dr David B Samadi, ahli urologi dari Mount Sinai School of Medicine di New York City.

1. Keju potong

Keju yang diolah dan dipotong adalah camilan cepat dan sempurna sepanjang hari. Anda bisa menyimpan potongan kecilnya secara mudah dalam tas atau koper. Potongan keju rendah kalori, tidak mengandung karbohidrat dan kaya protein sehingga Anda akan merasa kenyang tanpa harus konsumsi terlalu banyak kalori. Dari perspektif nutrisi, potongan keju memiliki kandungan kalsium dan vitamin A.

Namun, keju ini memiliki kandungan natrium tinggi sehingga tidak sesuai untuk Anda yang sedang diet rendah sodium. Untuk mengurangi kandungan sodium pada keju, Anda dapat merendamnya dalam air sebelum dimakan.

2. Apel dan pir

Apel dan pir adalah buah rendah kalori yang kaya serat. Buah ini dapat membantu Anda merasa kenyang dan mengendalikan nafsu makan. Tingkat pektin tinggi dalam apel bahkan dapat membantu melambatkan pencernaan dan memberikan perasaan kenyang. Pir mengandung 12 persen vitamin C dari setiap asupan per hari. Buah ini dapat membantu mempertahankan jumlah persentase lemak tubuh.

3. Selai kacang alami

Selai kacang yang alami sarat dengan protein dan serat. Kedua kandungan ini akan membantu Anda merasa tetap kenyang dan mempertahankan perasaan ini lebih lama. Secara alami, Anda akan makan lebih sedikit. Penelitian membuktikan, orang yang rutin menambahkan 500 kalori kacang untuk diet akan lebih sedikit makan, serta meningkatkan metabolisme tubuh sampai 11 persen. Namun, tetaplah waspada saat memilih selai kacang. Baca bahan dan fakta nutrisi pada label selai untuk memastikan bahwa itu tidak mengandung terlalu banyak gula tambahan.

4. Lada hitam

Lada hitam memiliki kandungan senyawa yang disebut piperin, di mana dapat meningkatkan pengeluaran energi serta membantu mencegah pembentukan sel lemak baru. Sebelum Anda mulai memberi tambahan rempah ini pada semua makanan, ketahuilah bahwa penelitian ini belum diuji pada manusia. Karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut yang terkait pada pengaruh lada hitam dengan penurunan berat badan. Pada paprika jenis lainnya, seperti jalapenos atau cabai, telah terbukti memiliki pengaruh pada metabolisme. Bahan makanan ini terkenal karena senyawanya yang panas bernama capsaicin.

5. Popcorn

Popcorn memang mengandung sedikit kalori, tapi kaya serat yang akan membantu Anda merasa kenyang. Popcorn juga memiliki kandungan polifenol yang merupakan antioksidan untuk melawan menyakit. Namun, untuk mempersiapkannya sebagai kudapan, jangan tambahkan mentega dan garam di dalamnya. Sebaiknya, Anda memilih popcorn yang bebas natrium berbumbu atau rempah-rempah agar tetap sehat.

Sekali lagi, untuk menurunkan berat badan, tidak bisa hanya mengandalkan satu jalan, termasuk hanya mengonsumsi lima makanan tersebut di atas. Aturan umum penurunan berat badan adalah kombinasi dari latihan rutin, pembatasan kalori, serta mengubah gaya hidup dan pola makan yang sehat untuk jangka waktu panjang.

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: